Selasa, 01 November 2011

PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN


PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Makalah











Diajukan Guna Memenuhi Tugas Media Pembelajaran
Dosen Pembimbing
Oleh
Sevi Mihroma Awlia 092335062
Neli Mustaghviroh 092335055
Mar’atun Sholihah 092335057
Rizqi Andriyana092335064
Fadhilah Hasan 092335046
Susmiati 092335056


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGRI (STAIN)
PURWOKERTO
2011
PENDAHULUAN

Pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan efisien apabila didukung media yang tepat. Pemilihan media tersebut tentunya melalui beberapa proses, yaitu merencanakan pertimbangan menggunakan media, kriteria pemilihan media, dan langkah-langkah pemilihan media. Anda tentu telah mengenal beberapa jenis media yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Setiap jenis media pasti punya kelebihan dan kelemahan. Pemahanan masing-masing karakteristik media akan membantu anda dalam pemilihan jenis media yang paling tepat untuk kegiatan pembelajaran. Sebelum kita gunakan, media harus kita pilih secara cermat. Memilih media yang terbaik untuk tujuan pembelajaran bukanlah pekerjaan yang mudah. Pemilihan itu rumit dan sulit, karena harus mempertimbangkan berbagai faktor.
Permasalahan yang ada dalam pemilihan media pembelajaran adalah antara lain; 1) Mengapa kita perlu memilih media? 2) Apa saja pendektan/ model dalam proses pemilihan media? 3) Bagaimana kriteria pemilihan media? 3) Apa prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran? 4) Bagaimana prosedur pemilihan media pembelajaran?
Penulisan makalah ini bertujuan; 1) Sebagai salah satu tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran dan juga sebagai latihan bagi mahasiswa untuk berperan aktif dalam proses perkuliahan Mata Kuliah Media Pembelajaran, dan 2) Untuk mengetahui berbagai macam permasalahan seputar pemilihan media pembelajaran.
Kelompok penulisan makalah ini antara lain; 1) Fadhilah Hasan, 2) Mar’atun Sholihah, 3) Neli Mustaghviroh, 4) Susmiati, 5) Sevi Mihroma Awlia, dan 6) Rizqi Andriyana.
Tentunya dalam penulisan makalah ini banyak kekurangannya, oleh karena itu, kelak dalam presentasi kelompok kami, kritik dan saran sangat kami harapkan agar makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.    Pemilihan Media pembelajaran
Media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” jadi media adalah perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.
Media merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran. Ujung akhir dari pemilihan media adalah penggunaaan media tersebut dalam kegiatan pembelajaran, sehingga memungkinkan siswa dapat berinteraksi dengan media yang kita pilih.[1]
Apabila kita telah menentukan alternatif media yang akan kita gunakan dalam pembelajaran, maka pertanyaan berikutnya sudah tersediakah media tersebut di sekolah atau di pasaran? Jika tersedia, maka kita tinggal meminjam atau membelinya saja. Itupun jika media yang ada memang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah kita rencanakan, dan terjangkau harganya. Jika media yang kita butuhkan ternyata belum tersedia, mau tak mau kita harus membuat sendiri program media sesuai keperluan tersebut.[2]
Jadi, pemilihan media itu perlu kita lakukan agar kita dapat menentukan media yang terbaik, tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sasaran didik. Untuk itu, pemilihan jenis media harus dilakukan dengan prosedur yang benar, karena begitu banyak jenis media dengan berbagai kelebihan dan kelemahan masing-masing.


B.     Kriteria Pemilihan Media
Apabila kita hendak memilih sesuatu, tentu kita sudah memiliki kriteria mengenai benda yang akan kita pilih. Seumpama kita hendak memilih pasangan hidup. Kita akan memilih berdasarkan criteria bibit, bebet, dan bobotnya. Sama halnya dengan media pembelajaran, memilih media hendaknya tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan didasarkan atas kriteria tertentu. Kesalahan pada saat pemilihan, baik pemilihan jenis media maupun pemilihan topik yang dimediakan, akan membawa akibat panjang yang tidak kita inginkan di kemudian hari.
Secara umum, kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran diuraikan sebagai berikut. [3]
1.      Tujuan
2.      Sasaran didik
3.      Karateristik media yang bersangkutan
4.      Waktu
5.      Biaya
6.      Ketersediaan
7.      Konteks penggunaan
Menentukan media yang tepat guna bagi pembelajaran kita. Kita tidak bisa memungkiri bahwa kita memang membutuhkan media dalam mengajar supaya tercapai hasil yang maksimal. Pertimbangkanlah semua aspek yang ada dalam menentukan pemakaian sebuah media, termasuk aspek biaya. Alangkah kreatifnya seorang guru itu, jika dapat membuat sebuah media dari bahan sederhana dan dengan biaya yang sangat murah.



C.      Prinsip-prinsip Pemilihan Media Pembelajaran
Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologis yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah [4]
1.      Motivasi
2.      Perbedaan individual
3.      Tujuan pembelajaran
4.      Organisasi isi
5.      Persiapan sebelum belajar
6.      Emosi
7.      Partisipasi
8.      Umpan balik

D.    Prosedur Pemilihan Media Pembelajaran
Beberapa langkah dalam pemilihan dan penentuan jenis penentuan media, antara lain;
1.      Menentukan apakah pesan yang akan kita sampaikan melalui media termasuk pesan pembelajaran atau hanya sekedar informasi umum / hiburan. Jika hanya sekedar informasi umum akan diabaikan karena prosedur yang dikembangkan khusus untuk pemilihan media yang bersifat / untuk keperluan pembelajaran.
 Menentukan apakah media itu dirancang untuk
.
2.      keperluan pembelajaran atau hanya sekedar alat bantu mengajar bagi guru (alat peraga). Jika sekedar alat peraga, proses juga dihentikan (diabaikan).
 Menentukan apakah tujuan pembelajaran lebih bersifat kognitif, afektif atau psikomotor.
3.      Menentukan jenis media yang sesuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai, dengan mempertimbangkan kriteria lain seperti kebijakan, fasilitas yang tersedia, kemampuan produksi dan biaya.


























KESIMPULAN

Media merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran. Ujung akhir dari pemilihan media adalah penggunaaan media tersebut dalam kegiatan pembelajaran, sehingga memungkinkan siswa dapat berinteraksi dengan media yang kita pilih.
pemilihan media itu perlu kita lakukan agar kita dapat menentukan media yang terbaik, tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sasaran didik. Untuk itu, pemilihan jenis media harus dilakukan dengan prosedur yang benar, karena begitu banyak jenis media dengan berbagai kelebihan dan kelemahan masing-masing.
Secara umum, kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran diuraikan sebagai berikut; 1) Tujuan, 2) Sasaran didik, 3) Karateristik media yang bersangkutan, 4) Waktu, 5) Biaya, 6) Ketersediaan, dan 7) Konteks penggunaan.
Prinsip-Prinsip psikologis yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media antara lain; 1) Motivasi, 2) Perbedaan individual, 3) Tujuan pembelajaran, 4) Organisasi isi, 5) Persiapan sebelum belajar, 6) Emosi, 7) Partisipasi, dan 8) Umpan balik.
Beberapa langkah dalam pemilihan dan penentuan jenis penentuan media, antara lain; 1) Menentukan pesan yang akan kita sampaikan, 2) memnentukan keerluan pembelajaran atau hanya sekedar alat bantu mengajar bagi guru (alat peraga), dan 3) Menentukan jenis media yang sesuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai.







DAFTAR PUSTAKA

Anna, Hevy Lubis (http://www.hariansumutpos.com/arsip/?p=31451), diakses tanggal 10 oktober 2011
Choirullah. 2009. Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Novel Afnan Blogspot, (online), (http://novel-afnan.blogspot.com/2009/05/penerapan-pemilihan-media-pembelajaran.html), diakses tanggal 10 oktober 2011
Rahadi, Aristo. 2008. Bagaimana Memilih Media Pembelajaran : Aristo Rahadi Blog, (online), (http://aristorahadi.wordpress.com/), diakses tanggal 10 oktober 2011
Wahyudi, Yuyut. 2010. Makalah pemilihan media embelajaran (http://yuyutwahyudi.blogspot.com/2010/04/makalah-pemilihan-media-pembelajaran.html), diakses tanggal 10 oktober 2011






[1] (http://aristorahadi.wordpress.com/), diakses tanggal 10 oktober 2011

[4] (http://aristorahadi.wordpress.com/), diakses tanggal 10 oktober 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar